Pengertian Fotografi

Fotografi adalah


Apa itu Fotografi?

Kalau diterjemahkan berdasarkan bahasa aslinya, fotografi terdiri dari dua kata yaitu  “Photos” dan “Grafo” (bahasa Yunani). Photos berarti cahaya sedangkan Grafo berarti melukis/menulis. Jadi dapat diartikan bahwa fotografi itu adalah melukis dengan menggunakan cahaya.

Melukis dengan cahaya? Apa bisa?

Begini, agar tidak bingung mari kita lihat dulu Pengertian Fotografi ini yang saya kutip dari wikipedia “Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambara atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat”.

Cara mudah edit foto

Nah, dengan melihat pengertian diatas terlihat ada persamaan antara seni fotografi dan seni lukis. Yang menjadi perbedaannya adalah media yang digunakan. Kalau dalam seni lukis kita membutuhkan kanvas, kuas dan tinta untuk menghasilkan sebuah karya, maka dalam fotografi kita menggunakan cahaya, kamera dan film/sensor untuk menghasilkan sebuah foto. Mungkin bisa diibaratkan kalau cahaya itu adalah tintanya, kamera sebagai kuas dan film/sensor sebagai kanvasnya.

Dalam seni lukis, banyaknya tinta pada kuas yang akan digoreskan pada kanvas akan sangat mempengaruhi hasil dari lukisan yang akan dibuat. Begitupun dalam fotografi, banyaknya cahaya yang masuk kedalam film/sensor melalui kamera akan sangat berpengaruh terhadap foto yang dihasilkan.

Fotografi adalah seni. Dalam seni dibutuhkan kreatifitas, gagasan/ide, imajinasi untuk mendapatkan hasil karya yang indah. Makna dari indah itu sendiri tentu bukan hanya bisa dinilai oleh pelaku seni (fotografer), namun juga harus bisa dinikmati orang lain.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

0 komentar:

Posting Komentar